Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Reset HP Vivo ke Setelan Pabrik (Semua Tipe)

Ada banyak alasan kenapa orang ingin reset HP Vivo ke pengaturan awal pabrik, salah satu yang paling umum adalah karena smartphone sudah mulai sering lag atau macet. Berdasarkan pengalaman pribadi cara ini cukup ampuh untuk mengembalikan performa HP.

Namun tentu cara tersebut cukup beresiko karena proses reset akan menghapus secara otomatis data- data yang tersimpan pada memori smartphone. Jadi sangat disarankan untuk membackup semua data ke dalam memori eksternal.

Untuk melakukan reset sebenarnya bukanlah hal yang sulit dan dapat kita lakukan sendiri tanpa harus mengunjungi tempat service HP. Khususnya bagi kalian pengguna smartphone android merk Vivo.

Dimana tutorial ini bisa sedikit membantumu bagaimana cara untuk melakukan reset dengan mudah. Tanpa berlama – lama kalian bisa mengikuti langkah – langkah dibawah ini.

Cara Reset HP Vivo

Secara umum smartphone Vivo memiliki antar muka yang hampir mirip untuk setiap versi maupun tipenya karena memang untuk UI (User Interface) dibuat, dirancang dan dikembangkan oleh Vivo yang berbasis pada Android.

Jadi kalian tidak perlu khawatir jika menggunakan versi yang berbeda dari tutorial ini karena dasar, tata letak serta fungsinya pasti sama.

1. Masuk ke Menu Pengaturan

Ada 2 (dua) cara untuk masuk ke pengaturan. Kalian bisa swap down layar HP kalian lalu cari ikon gear, Tap untuk masuk. Atau bisa juga dengan mencari ikon gear pada deratan menu / aplikasi.

2. Cari Pengelolaan Sistem

Cara Reset Smartphone Vivo


Pilih pengelolaan sistem di pengaturan. Pada menu pengelolaan sistem ini ada berbagai Informasi / pengaturan yang berhubungan dengan HP seperti ponsel, RAM & penyimpanan, atur tanggal dan bahasa dsb.

silakan scroll ke bawah untuk mencari menu buat cadangan & Atur ulang. Untuk memulai pencadangan data dan reset HP.

3. Cadangkan Data (Disarankan)

Cara Reset HP Vivo


Sebelum melakukan reset pabrik kalian diberikan opsi untuk melakukan backup data penting. Pilih data cadangan, lalu pilih dimana kita akan membackup data kita. Ada 2 pilihan yaitu vivo Cloud atau server Google.

Disini saya memilih mencadangkan data ke server Google. Pastikan Cadangkan data saya aktif. Selanjutnya pilih akun email yang digunakan untuk membackup data, lalu pilih Aktifkan.

4. Memulai Reset HP Vivo

Cara Reset HP Vivo


Terdapat 3 (tiga) pilihan setel ulang pada HP Vivo dengan fungsi yang berbeda-beda. Berikut penjelasannya.

Atur ulang pengaturan jaringan, digunakan untuk mengatur ulang jaringan Wifi dan data. Kalian bisa menggunakan opsi ini jika Wifi dan data HP tidak bisa melakukan koneksi / error.

Atur ulang semua pengaturan, digunakan untuk mensetting sistem ke default tanpa menghapus data yang kalian simpan.

Hapus semua data, digunakan untuk mensetting sistem ke default dan menghapus semua data yang disimpan. Tapi tenang karena sebelum proses reset data akan terlebih dahulu dibackup sesuai pengaturan sebelumnya.(langkah no.3)

Keuntungan Reset HP

Ada beberapa keuntungan melakukan setel ulang HP diantaranya :

  1. Kinerja HP menjadi optimal seperti baru
  2. Ponsel akan bersih dari berbagai virus maupun malware
  3. Otomatis menghapus aplikasi dan data yang sulit dihapus
  4. Ruang penyimpanan menjadi longgar

Penutup

Demikianlah tadi pembahasan seputar cara reset HP Vivo. Semoga apa yang kami sajikan diatas dapat memberikan sedikit gambaran dan apabila dirasa bermanfaat jangan lupa untuk berbagi artikel ini melalui tombol share dibawah. Akhir kata, terima kasih.