Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencetak Bukti Transfer Internet Banking BRI

Bank BRI atau sering juga disebut Bank Rakyat Indonesia adalah salah satu Bank plat merah milik Pemerintah Indonesia yang mempunyai jumlah nasabah jutaan yang tersebar dari sabang sampai merauke.

Indikator paling kentara tentu jumlah kantor cabang yang ada di setiap kota / kabupaten bahkan sampai kecamatan. Selain itu untuk menemukan ATM BRI pun tidaklah sulit dan ada dimana – mana dibandingkan ATM milik Bank lain.

Kita asumsikan bahwa saat ini kalian sudah memiliki akun internet banking yang terdaftar pada sistem BRI namun jika belum kalian bisa langsung mendatangi cabang BRI terdekat untuk proses permohonan pembuatan internet banking.

Biasanya pihak bank akan meminta buku tabungan / rekening, materai 6000, KTP dan kartu ATM (jika diperlukan). Hal lain yang tak kalah penting adalah No. HP yang masih aktif dan Email untuk didaftarkan pada sistem BRI.

Oke langsung saja, Untuk mengakses internet banking BRI kalian bisa mengunjungi

https://ib.bri.co.id/ib-bri/

Cetak Bukti Transfer Internet Banking BRI

1. Login Internet Banking BRI

Seperti biasa jika kalian sudah sering menggunakan fasilitas Internet Banking tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan username & password yang sesuai.

Buat kalian yang belum terbiasa menggunakan Internet Banking BRI mungkin akan sedikit bingung namun jangan khawatir karena seiring berjalannya waktu kalian akan makin terbiasa menggunakan fitur – fitur yang ada.

2. Pilih Mutasi Rekening

Nah karena topik kita kali ini adalah bagaimana cara mencetak bukti transfer Internet Banking BRI maka kalian bisa langsung menuju menu Rekening Informasi & Mutasi (My Account Balance & Statement).

Pilih Mutasi Rekening lalu masukkan periode tanggal / bulan terjadinya transaksi. Setelah itu tekan tampilkan.

Mutasi Rekening Internet Banking BRI


Pada gambar diatas saya telah mengatur periode transaksi pada tanggal 11 / 12 / 2018 (jika masih ingat).

Namun jika sudah lupa kalian bisa mengatur sesuai dengan periode bulannya saja maka akan muncul daftar transaksi sukses berdasarkan periode tanggal / bulan seperti pada gambar dibawah ini.

Daftar Transaksi Internet Banking BRI


Cek kembali apakah transfer yang dimaksud sama dengan tanggal terjadinya transaksi. Jika sudah benar kalian bisa langsung masuk ke menu Manajemen Pengguna ( Profile Management)

Profile Management IB BRI


3. Menampilkan Bukti Transfer IB BRI

Pilih rekening yang digunakan pada saat transaksi lalu pada bagian fungsi cari Transfer Sesama BRI (Fund Transfer Within Bank) atau Transfer Antar Bank (Fund Transfer to Other Domestic Bank).

Atur periode transaksi sesuai dengan tanggal / bulan yang sudah kita pastikan sebelumnya. Setelah itu pilih tampilkan.

Mencetak Bukti Transfer Internet Banking BRI


Arahkan kursor dan klik pada No. Referensi

Mencetak Bukti Transfer Internet Banking BRI

Gambar diatas merupakan detail lengkap transaksi yang pernah kita lakukan. Untuk melakukan pencetakan bukti transfer lihat pada bagian kotak warna merah gambar diatas. Ada 2 opsi yaitu langsung cetak atau mengunduh dalam format PDF.

Note :
Pada beberapa kasus yang pernah saya alami, dimana ketika mengklik No. Referensi sistem malah menampilkan pesan error bukannya detail transaksi.

Kuat dugaan bahwa itu terjadi karena tanggal / periode transaksi sudah dilakukan sekitar 1 bulan yang lalu sedangkan saya akan mencetaknya sekarang. Dan memang layanan internet banking pada Bank lain sepertinya juga menerapkan hal yg sama.

Kebetulan saya juga memiliki beberapa akun Bank selain BRI.

Penutup

Demikianlah tadi pembahasan seputar Cara Mencetak Bukti Transfer Internet Banking Bank BRI. Semoga apa yang kami sajikan diatas dapat sedikit menambah wawasan dan apabila dirasa bermanfaat jangan lupa untuk berbagi melalui tombol (share) dibawah. Akhir kata, Terima kasih.