Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Layanan Hosting / VPS yang Bagus

Tips Memilih Hosting VPS

Memilih layanan Hosting / VPS yang bagus itu tidaklah mudah. Banyak sekali faktor yang harus kita pertimbangkan sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan mana yang kiranya cocok untuk kita. Ini adalah kondisi yang normal, karna kita pasti menginginkan layanan yang bagus.

Setiap penyedia layanan tentu akan berlomba-lomba mengklaim bahwa produknya lah yang terbaik dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Marketing memang seperti itu, tentu akan terdengar lucu apabila mereka lebih menonjolkan kekurangan dari pada kelebihan.

Perlu diketahui bahwa tidak semua layanan Hosting / VPS didesain dengan performa yang sama karena itu dipengaruhi banyak faktor seperti teknologi yang digunakan maupun layanan teknisnya. Oleh sebab itu kalian dituntut lebih jeli dalam memilih.

Agar tidak salah memilih layanan, berikut beberapa pertimbangan yang bisa kalian jadikan pegangan dalam menentukan pilihan.

Tips Memilih Layanan Hosting / VPS

1. Kualitas Layanan

Apa yang anda harapkan selain kualitas ? Saya kira ini adalah poin yang paling penting sebelum melangkah lebih jauh. Anda tentu tidak mau mendapat layanan yang seadanya tapi dituntut untuk membayar lebih.

Penyedia layanan yang baik adalah yang mampu mengakomodir segala keperluan customer baik itu secara teknis maupun non teknis.

2. Safety is Everything

Kebocoran data / informasi adalah suatu hal yang sangat merugikan apalagi jika anda bergelut di dunia bisnis. Memilih penyedia layanan sama halnya seperti menyerahkan setengah dari roh bisnis yang anda geluti kepada orang lain.

3. Budget Yang diperlukan

Ini adalah salah satu hal yang paling mendasar, Perlu diingat bahwa adalah beberapa skema pembayaran umum yang ditetapkan oleh provider. Ada skema tarif per jam, bulanan, per semester atau triwulan dan yang terakhir adalah tahunan.

Untuk harga pun cukup bervariasi tergantung spesifikasi layanan. Provider luar biasanya mematok harga terendah sebesar $5 per bulan untuk VPS. Untuk dalam negeri biasanya lebih mahal sedikit. Berapapun harga semua kembali ke kebutuhan.

4. Lokasi Server

Jika target pasar anda di Indonesia sangat disarankan untuk memilih penyedia dalam negeri sehingga berdampak pada akses yang lebih cepat. Sudah banyak provider dalam negeri yang menawarkan layanan bagus dengan harga terjangkau.

5. Kompensasi

Human error ataupun sistem error adalah masalah yang serius. Tiba tiba kehilangan data sering kali terjadi pada layanan hosting / VPS. Karnanya perlu adanya kesepakatan antara customer dan provider dalam hal kompensasi.

Sehingga anda tidak merasa dirugikan atau paling tidak anda bisa langsung menanyakan bagaimana prosedur pengembalian data yang terhapus secara tidak sengaja kepada provider.

6. Dukungan 24 Jam

Sebagai customer terkadang ada beberapa pertanyaan yang muncul secara tiba-tiba atau layanan yang mendadak error. Provider yang baik tentu selalu memberikan jawaban atas pertanyaan maupun layanan teknis kapan pun dibutuhkan selama 24 jam.

7. Downtime History

Seberapa seringkah provider mengalami down layanan dalam setahun. Anda perlu mengetahui track record provider, Anda bisa menanyakan secara langsung atau mungkin membaca beberapa reviews dari pengguna lain.

Penutup

Demikianlah pembahasan seputar Tips Memilih Layanan Hosting / VPS. Semoga apa yang kami sajikan diatas dapat sedikit menambah wawasan kita dan apabila dirasa artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk berbagi (share). Akhir kata, terima kasih.