Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Cek Spesifikasi PC atau Laptop Windows

Satu hal yang penting ketika pertama kali ingin membeli sebuah PC maupun laptop adalah kita perlu mengecek spesifikasi PC yang akan dibeli. Meski terkesan remeh namun hal tersebut patut diketahui sebagai langkah antisipasi menangkal tindak penipuan.

Barangkali penjual memanipulasi data spesifikasi dimana detail yang tertulis diluar tidak sesuai dengan hardware yang terpasang pada PC ataupun laptop.

Selain itu jika perangkat yang kalian beli ditujukan untuk kegiatan macam editing dan game yang membutuhkan spesifikasi mumpuni, tentu ilmu cek spesifikasi ini perlu kalian kuasai.

Tentu tidak lucu dong seandainya PC ataupun laptop yang dibeli dibawah standar minimal untuk menjalankan kegiatan diatas. Lagi – lagi ilmu ini cukup berguna untuk menghindari salah beli.

Sesuai dengan judul diatas, disini kita akan belajar bagaimana cara mengecek spesifikasi PC atau Laptop sendiri menggunakan dua metode yaitu tanpa aplikasi dan menggunakan aplikasi.

Cara Cek Spesifikasi PC / Laptop

1. Cek Spesifikasi PC via My Computer

Cara Cek Spesifikasi PC


Masuk ke menu Windows Explorer ( Windows + E). Klik kanan pada This PC / My Computer lalu pilih Properties. Maka akan muncul detail spesifikasi perangkat seperti pada gambar dibawah ini.



Dengan cara ini kita dapat melihat beberapa informasi penting terkait perangkat seperti Merk / Pabrikan, Tipe Prosessor, jumlah RAM yang dapat dipakai serta tipe sistem OS yaitu 32-bit atau 64-bit.

2. Cek Spesifikasi PC via DxDiag

Cara Cek Spesifikasi PC


Tekan kombinasi tombol keyboard Windows + R, Ketikkan dxdiag lalu Enter. Maka akan muncul detail spesifikasi lengkap mulai dari CPU, RAM, dan GPU.

Cara Cek Spesifikasi PC


3. Menggunakan Aplikasi CPU-Z

Download aplikasi CPU-Z. Link ada dibawah

Download CPU-Z

Setelah terunduh, instal aplikasi seperti biasa lalu jalankan.

Cara Cek Spesifikasi PC


Detail informasi yang ditampilkan oleh CPU-Z bisa dibilang lebih lengkap daripada cara pertama dan kedua.

Selain informasi dasar, aplikasi ini juga menampilkan arsitektur inti (core) dari prosessor seperti core speed maupun bus speed. Selain itu mainboard, Memory sampai Graphics juga ditunjukkan detail yang jelas.

Penutup

Demikianlah tadi pembahasan seputar Cara Mengecek Spesifikasi PC atau Laptop Windows. Semoga apa yang kami sajikan diatas dapat memberikan sedikit gambaran dan apabila dirasa bermanfaat jangan lupa untuk berbagi artikel ini melalui tombol share dibawah. Akhir kata, terima kasih.