Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Bahasa Pemrograman untuk Pemula yang Baru Belajar

Bahasa Pemrograman untuk Pemula

Buat kalian yang ingin mendalami dunia pemrograman atau coding, tentu ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan, salah satunya adalah memilih bahasa pemrograman yang cocok untuk pemula. Memilih bahasa pemrograman bukanlah perkara yang mudah karena kita perlu mempertimbangkan beberapa aspek.

Sehingga nantinya proses belajar kita tidak berhenti ditengah jalan. Kenapa seperti itu ? Ada 2 aspek mendasar yang bisa membantu kalian untuk memilih bahasa mana yang paling cocok.

Pertama, adalah target platform, seperti yang kita ketahui bahwa setiap bahasa pemrograman dirancang untuk maksud dan tujuan tertentu. Misalkan jika kita ingin menjadi seorang android developor tentu bahasa yang sangat direkomendasi adalah java / kotlin. Atau jika ingin membuat sebuah game, kalian perlu belajar C++ / C#.

Kedua, adalah “easy to learn” atau mudah dipelajari. Bagi seorang pemula, aspek ini cukup penting dalam upaya untuk mengenal lebih dalam fundamental pemrograman. Berangkat dari kedua aspek tersebut, saya sudah merangkum beberapa bahasa pemrograman yang cocok untuk pemula versi Cobacaku

Bahasa Pemrograman untuk Pemula

1. Python

Python untuk Pemula

Salah satu bahasa pemrograman yang lagi naik daun akhir – akhir ini karena banyak digunakan oleh perusahaan besar sebagai inti dari layanan mereka seperti Youtube dan Instagram. Pertama kali diluncurkan pada tahun 1991 oleh Guido Van Rossum, seorang programmer komputer asal belanda.

Python merupakan salah satu bahasa berorentasi objek dengan filosopi perancangan yang berfokus pada keterbacaan baris kode. Saat ini python dapat di jalankan di berbagai sistem operasi dan didukung library dan komunitas yang besar.

Target Platform : Web dan Aplikasi Dekstop
Pengguna Python : Youtube , Instagram (Django), Quora dll

2. Javascript

Javascript untuk Pemula

Namanya hampir mirip dengan salah satu bahasa tingkat tinggi yaitu Java namun sebenarnya mereka adalah dua bahasa yang berbeda jadi jangan disamanakan ya. Umumnya Javascript berjalan pada sisi client / browser dan jika kalian bercita – cita ingin menjadi seorang frontend developer tentu Javascript wajib kalian kuasai diluar html dan css.

Namun saat ini Javascript juga dapat berjalan di sisi backend / server dengan berjalan diatas platform Node.js selain itu ia juga umum digunakan untuk beberapa pengembangan game Android maupun iOS

Target Platform : Web dan Aplikasi Mobile
Pengguna Javascript : Mayoritas web di dunia untuk frontend, beberapa game android & iOS (cocos creator), Node.Js , Jquery dll

3. Ruby

Ruby untuk Pemula

Menurut sang pencipta, Yukihiro Matsumoto. Tujuan diciptakannya ruby adalah untuk menggabungkan kelebihan dari semua bahasa yang ada menjadi satu. Ruby cukup familiar dikalangan web developer.

Utamanya bagi mereka yang menggunakan framework Ruby on Rails sebagai senjatanya. Beberapa alasan kenapa Ruby sangat cocok bagi pemula adalah karena sintaksnya yang sederhana dan juga bersifat open source.

Target Platform : Web
Pengguna Ruby : Ruby on Rails, Github, Airbnb dll

4. Golang

Go untuk Pemula

Masih tergolong sebagai bahasa pemrograman yang baru karena pertama kali diluncurkan pada tahun 2009. Meskipun begitu, Golang seakan menjelma sebagai primadona baru dikalangan para programmer utamanya untuk membangun sistem microservice mereka.

Golang bersifat open source itu berarti kita dapat menggunakannya secara cuma – cuma dan juga dapat ikut berkontribusi untuk pengembangannya ke depan. Dengan golang pembuatan aplikasi menjadi lebih simpel, handal dan juga efisen.

Target Platform : Web dan Aplikasi Dekstop
Pengguna Golang : Gojek, Grab, Docker, Dropbox dll

5. Java

Java untuk Pemula

Merupakan salah satu bahasa paling populer versi Tiobe. Java mempunyai slogan yaitu ” Write Once, Run Anywhere ” yang artinya tulis sekali jalan dimanapun berkat bantuan dari JVM (Java Virtual Machine).

Pertama kali diperkenal oleh James Gosling pada tahun 1995 dan langsung meraih kepopuleran dalam waktu singkat berkat kemampuan lintas platformnya. Java secara umum banyak digunakan untuk membangun aplikasi dari sisi server maupun aplikasi mobile

Target Platform : Web, Aplikasi Mobile dan Aplikasi Dekstop
Pengguna Java : Mayoritas aplikasi android, Paypal, Gmail dll

Penutup

Setiap bahasa memiliki learning curve yang berbeda – beda. Daftar diatas disusun berdasarkan learning curve dari yang mudah sampai yang sulit (Versi Cobacaku). Sehingga diharapkan mempermudah buat kalian yang tertarik menjadi programmer.

Demikianlah tadi pembahasan seputar Bahasa Pemrograman Cocok untuk Pemula. Semoga apa yang kami sajikan diatas dapat memberikan sedikit gambaran dan apabila dirasa bermanfaat jangan lupa untuk berbagi artikel ini melalui tombol share dibawah. Akhir kata, terima kasih.