Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Flashdisk Bagus yang Awet Tahan Lama

Cara Memilih Flashdisk

Memilih flashdisk yang bagus itu bukanlah perkara mudah. Berangkat dari hal tersebut, saya ingin berbagi tips membeli flashdisk yang bagus, yang mana biasa saya jadikan sebagai pertimbangan sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan.

Mungkin sebagian dari kalian terkadang mendapati flashdisk yang baru dibeli secara tiba-tiba rusak entah bagaimana ceritanya. Padahal baru dipakai beberapa bulan saja atau bahkan memang sudah rusak sejak awal pembelian.

Tentu hal tersebut membuat kita jengkel bahkan terkadang menyalahkan diri sendiri, “Kenapa kok beli Flashdisk yang ini”. Karna nasi sudah menjadi bubur, barang yang sudah dibeli tentu tidak bisa dikembalikan kecuali masih bergaransi.

Berangkat dari hal tersebut, tentu Anda tidak ingin mengalami hal yang sama, karena tergiur dengan iming-iming harga yang murah terkadang membuat kita melupakan kualitas barang. Kalau pun memang ingin membeli yang murah, setidaknya perlu sedikit kecermatan.

Nah, buat Anda yang saat ini berencana untuk membeli flashdisk, kalian bisa mengikuti beberapa tips cara memilih flashdisk berikut.

Cara Memilih Flashdisk

1. Pilih Flashdisk yang Memiliki Garansi

Sebelum membeli flashdisk, pastikan Anda menanyakan apakah flashdisk bergaransi resmi dari pabrik atau toko. Namun pada kebanyakan kasus, untuk pembelian flashdisk biasanya garansi dari toko tempat Anda membeli.

Namun itu bukanlah masalah besar, setidaknya masih bisa komplain ke toko seandainya barang rusak sebelum masa garansi habis.

Setiap toko mempunyai masa garansi yang berbeda-beda. Ada yang memberikan garansi 7 hari, 30 hari bahkan ada juga yang tidak memiliki garansi. Ini biasanya flashdisk yang masuk kategori promo menarik / murah / palsu

2. Cari Flashdisk yang Merknya Jelas

Dalam membeli barang apapun itu, tentu masalah merk tidak bisa kita kesampingkan tak terkecuali flashdisk. Merk yang sudah terkenal cenderung memiliki kualitas yang sangat baik dan direkomendasikan oleh banyak orang.

Namun itu tidak bisa dijadikan patokan karena maraknya pemalsuan dan penipuan barang.

Solusinya Anda perlu mengenali spesifikasi flashdisk yang hendak dibeli melalui situs resmi atau review dari internet. Setelah itu Anda bisa mengecek secara langsung apakah spesifikasinya sesuai dengan yang dijabarkan atau tidak.

Catatan :
Saat ini penulis menggunakan flashdisk merk SONY (bukan promosi) ukuran 8 GB yang dibeli pada tahun 2014 seharga hampir 100 ribu.

Jadi sampai hari ini sudah berjalan 6 tahun pemakaian dan tidak pernah mengalami kendala apapun padahal sudah pernah masuk mesin cuci beberapa kali. Hehe ..

3. Lihat Dulu Bentuk dan Ukuran Flashdisk

Saat ini tersedia beragam jenis, bentuk dan ukuran casing. Mulai dari yang standar sampai yang berbentuk aneh / lucu sangat mudah kita temui. Namun sekedar saran, pilihlah bentuk dan ukuran yang standar sehingga tidak memblok port usb (memakan ruang).

Pada kebanyakan Laptop 2 port, USB saling berdekatan sehingga apabila ukuran flashdisk terlalu besar, port yang satunya tidak memiliki ruang yang cukup untuk ditancapkan media lain.

4. Beli Size Flashdisk Sesuai Kebutuhan

Memilih ukuran penyimpanan Flashdisk sesuai dengan kebutuhan itu penting. Jika pekerjaanmu tidak membutuhkan size Flashdisk yang besar, tentu akan menjadi sia-sia jika Anda membeli flashdisk tersebut.

5. Pastikan Kualitas Bahan Bagus

Tersedia berbagai macam bahan casing Flashdisk. Mulai dari plastik, karet dan aluminium semua ada. Nah, dalam hal ini Anda juga harus memperhitungkan kualitas bahan untuk mengantisipasi Flashdisk terjatuh.

Selain itu, kerekatan antara casing dengan USB juga penting karena sudah pasti Flashdisk akan ditancapkan dan dicabut dengan intensitas cukup sering nantinya.

Flashdisk yang mempunyai penutup USB atau mempunyai semacam slide atas- bawah sangat direkomendasikan untuk melindungi fisik USB dari debu maupun patahan.

6. Kecepatan Baca / Transfer Flashdisk

Kebanyakan Flashdisk yang beredar di pasaran sudah menggunakan USB 3.0 yang menjanjikan kecepatan transfer lebih baik. Pastikan Anda membaca secara teliti spesifikasi pada box Flashdisk

7. Bedakan Antara Flashdisk Asli dan Palsu

Ada beberapa perbedaan antara flashdisk asli dan palsu :

  1. Flashdisk asli mempunyai kecepatan transfer yang stabil sedangkan yang palsu kurang stabil bahkan cenderung sangat lambat
  2. Yang asli lebih kuat dan tidak terlihat bengkok saat ditancapkan ke laptop karena sudah melewati tahap quality control.
  3. Pada Flashdisk palsu kapasitas penyimpanan tidak sesuai antara yang tertera di box dengan yang terbaca di komputer.
  4. Flashdisk asli mempunyai garansi resmi dari perusahaan atau minimal dari pihak distributor / toko
  5. Flashdisk palsu sulit terbaca oleh komputer dan data yang tersimpan mudah sekali rusak.

Penutup

Demikianlah tadi pembahasan seputar Cara Memilih Flashdisk Bagus Agar Awet Tahan Lama. Semoga apa yang kami sajikan diatas dapat memberikan sedikit gambaran dan apabila dirasa bermanfaat jangan lupa untuk berbagi artikel ini melalui tombol share dibawah. Akhir kata, terima kasih.