Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Youtube Error 503 di PC / Android

Beberapa waktu lalu Youtube sempat mengalami error, lebih tepatnya error dengan notifikasi berbunyi "There was a problem with the network [503]". Untuk lebih simpelnya, kita akan menyebutnya Error 503. Pada banyak kasus, Youtube Error 503 bukanlah masalah besar. 

Meskipun Youtube dikenal akan kehandalan servernya dalam melayani jutaan permintaan video namun bukan berarti Youtube tidak memiliki periode pemeliharaan. Karena bisa jadi notifikasi tersebut muncul karena memang server Youtube sedang di-maintenance, yang mana hal tersebut sudah diluar kendali kita.

Namun pada beberapa kasus, Error 503 ternyata juga bisa muncul di saat server Youtube sedang berjalan normal. Seringnya itu terjadi saat kita akan menonton video dari "Daftar Tonton Nanti". Anehnya jika kita menonton video yang sama di penelusuran biasa semua berjalan normal.


Apa Itu Youtube Error 503 

Adalah kode respon yang dikirim oleh server kepada client yang mana itu berarti server situs sedang tidak dapat dijangkau karena beberapa alasan yang akan dijabarkan lebih lanjut dibawah. Kode tersebut dapat muncul pada browser web pada sistem operasi apa pun dan juga aplikasi seluler Youtube.

Penyebab Youtube Error 503

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Error 503 ini terjadi umumnya karena masalah pada sisi server karena adanya maintenance sementara. Namun setelah saya kulik lebih dalam ada beberapa hal diluar faktor maintenance menjadi penyebabnya.

  • Server Youtube terlalu sibuk. Pada beberapa kasus lonjakan penonton secara tiba - tiba juga dapat menyebabkan muncul kode 503. Biasanya ini terjadi hanya sementara, setelah kalian merefresh halaman atau video maka akan normal kembali.
  • Conection Timeout. Itu terjadi saat pengaturan APN diubah dari nilai defaultnya. 
  • Data Cache Rusak. Sering muncul perangkat android, solusinya cukup mudah yaitu dengan membersihkan data cache menggunakan aplikasi bawaan maupun pihak ketiga.
  • Daftar Putar Terlalu Panjang. Ketika aplikasi mencoba untuk memuat daftar putar namun gagal. Ini biasanya terjadi karena "Daftar Nonton Nanti" memiliki ribuan video yang berbeda.

Cara Mengatasi Youtube Error 503

Cara Pertama : Memastika Status Server Youtube

Dari beberapa penyebab yang sudah disebutkan diatas, tentu langkah paling awal adalah memastikan apakah server Youtube berjalan dengan normal atau memang sedang maintenance. Caranya kalian bisa melakukan pengecekan melalui situs DownDetector .

Cara Kedua : Menghapus Video dari Daftar Nonton Nanti

Untuk Versi PC

1. Buka browser lalu kunjungi situs Youtube

2. Klik menu "Tonton Nanti"

Menu tonton nanti youtube

3. Hapus video dari daftar nonton nanti

Hapus video dari daftar tonton nanti

4. Selesai


Untuk Versi Ponsel Android 

1. Buka aplikasi Youtube

2. Tekan / Tap Koleksi

3. Pilih Tonton Nanti

Menu tonton nanti youtube android

4. Hapus video dari daftar

Hapus video tonton nanti youtube android

5. Selesai


Cara Ketiga : Menghapus Cache Youtube Android (Jika Ada)

Tata letak setiap merk ponsel mungkin akan berbeda - beda. Disini saya menggunakan Vivo

1. Masuk ke menu Setelan / Pengaturan Android

2. Pilih menu aplikasi / pengelolaan aplikasi / jika tidak ada mungkin di menu lainnya

3. Tap pengelolaan aplikasi

4. Cari aplikasi Youtube

5. Pilih penyimpanan

6. Hapus Cache

Cara Keempat : Restart Modem / Router / PC / Ponsel

Merestart perangkat kembali memang terkesan remeh namun dalam beberapa kesempatan hal tersebut terbukti cukup ampuh. Jika koneksi kalian menggunakan jaringan Wi-fi maka coba restart modem / router. Lakukan juga pada perangkat kalian masing - masing baik PC maupun Ponsel.

Rangkuman

Ada beberapa penyebab kenapa Youtube menampilkan notifikasi Error 503 diantaranya server sedang di-maintenance, daftar tonton nanti yang terlalu banyak, cache Youtube dan juga pengaturan APN yang berubah.

Dan untuk mengatasinya kalian perlu melakukan pengecekan satu demi satu seperti cek status server, menghapus daftar tonton nanti, menghapus cache dan juga merestart perangkat jaringan maupun gadget masing - masing.

Akhir Kata

Demikianlah artikel seputar cara mengatasi youtube error 503 pada perangkat pc maupun android. Semoga apa yang kami sajikan diatas dapat menambah wawasan dan apabila dirasa bermanfaat jangan lupa untuk berbagi melalui tombol share dibawah. Akhir kata, terima kasih.