Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus Akun WhatsApp (WA) Secara Permanen

Sebenarnya menghapus akun WhatsApp (WA) bukanlah perkara yang sulit, karena memang fitur tersebut sudah disediakan oleh pihak developer dan sangat mudah dicari, mengingat user interface WhatsApp sendiri cukup friendly bagi seorang pemula sekalipun.

Namun namanya juga manusia dengan segala kekurangannya, pasti ada saja diantara pengguna WhatsApp yang masih kebingungan bagaimana cara hapus akun WA. Beragam alasan pun bisa menjadi penyebabnya, mungkin dia hanya bisa menggunakan WhatsApp untuk chatting dan video call saja. 

Sehingga mungkin jarang mengeksplor fitur - fitur didalamnya. Ya istilahnya sih gaptek, terutama orang - orang yang sudah tua (berusia) yang tentu berbeda dengan kita - kita ini yang katanya generasi milenial ini yang sudah akrab dengan teknologi sejak kecil. Hehe

WhatsApp

Sebelum masuk ke topik utamanya, ada beberapa hal penting yang perlu kalian tahu jika berencana menghapus akun WhatsApp secara permanen.

 

Yang Terjadi Jika Akun WhatsApp Dihapus

Beberapa hal berikut bisa menjadi pertimbangan sebelum akhirnya kalian benar - benar menghapus akun, sehingga tidak ada penyesalan dikemudian hari :
  • Semua pengaturan WhatsApp sebelumnya otomatis akan terhapus
  • Info dan foto profil akan menghilang
  • Histori chatting atau pesan yang masuk akan terhapus
  • Backup yang pernah kita lakukan pada Google Drive maupun iClou/d juga akan hilang
  • Akan terhapus dari grup chat. Jika kalian adalah admin maka status admin akan hilang
  • Dokumen, foto dan video yang diterima via WhatsApp juga akan terhapus
Meskipun kita dapat mengaktifkan kembali akun menggunakan ponsel dan nomer yang sama tetapi itu tidak akan banyak membantu karena semua itu telah hilang dan kita harus mulai dari awal lagi.

Cara Hapus Akun WhatsApp

1. Buka aplikasi WhatsApp

2. Tekan / Tap ikon titik 3 (tiga). Kanan atas, lalu pilih Setelan / Setting

Setelan WhatsApp

3. Pilih menu Akun

Setelan Akun WhatsApp

4. Pilih Hapus Akun Saya

Menghapus Akun WhatsApp

5. Masukkan ulang No. WA. Lalu tekan tombol Hapus Akun Saya

Hapus Akun WA

6. Pada tahap terakhir ini ada beberapa pertanyaan alasan mengapa ingin menghapus akun. Silakan dipilih sesuai dengan selera, jika bingung pilih asal - asalan saja.

7. Selamat, Akun WhatsApp akhirnya terhapus

Bisakah Mengaktifkan Akun WA Kembali ? 

Yah, jawabannya sangat bisa. Kalian bisa menggunakan nomer sebelumnya untuk melakukan aktivasi ulang. Hanya saja seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya bahwa data maupun pengaturan akun sebelumnya tidak dapat dikembalikan. 

Artinya semua mulai dari awal lagi. Terkait nomer kontak tidak ada masalah selama kalian masih menyimpan nomer teman kalian di ponsel. Ketika akun sudah diaktivasi ulang kontak teman akan secara otomatis masuk ke kontak WhatsApp.

Kesimpulan

Mengingatkan kembali, meskipun menghapus akun WhatsApp caranya terbilang cukup mudah namun sebelum melakukannya kalian perlu memikirkan matang - matang karena sekali akun terhapus maka semua pengaturan, histori chat, dokumen, foto maupun video akan secara otomatis hilang.

Akhir Kata

Demikianlah artikel seputar cara menghapus akun WhatsApp (WA). Semoga apa yang kami sajikan dapat menambah sedikit wawasan dan apabila dirasa artikel ini bermanfaat bagi banyak orang jangan ragu untuk berbagi melalui tombol share dibawah. Akhir kata, terima kasih.