Cara Menghilangkan Karang Gigi Sendiri di Rumah

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Menghilangkan karang gigi sendiri memang tidak mudah tetapi bukan tidak mungkin. Kurangnya kesadaran menjaga kebersihan gigi adalah penyebab utama hal tersebut. Oleh sebeb itu menjaga kebersihan gigi adalah hal yang mutlak dilakukan oleh setiap orang.

Bahkan bagi sebagian orang, menggosok gigi setelah makan / minum adalah sebuah keharusan. Hal itu dilakukan demi menjaga agar tidak ada sisa-sisa makanan / minuman yang menempel pada dinding gigi maupun garis gusi.

Menempelnya sisa makanan pada gigi dapat menimbulkan dampak buruk khususnya bagi kesehatan gigi. Salah satu masalah paling umum yang dialami oleh setiap orang adalah gigi berlubang.

Tentu kalian pernah merasakannya bukan ? Sangat menyakitkan rasanya sampai-sampai dapat membuat kita menangis.

Namun sebenarnya bukan hanya itu, kurang menjaga kebersihan gigi juga menjadi salah satu penyebab terbentuknya karang gigi atau sering juga disebut kalkulus gigi.

Itu terbentuk karena percampuran sisa makanan dengan 350 jenis bakteri yang ada di mulut. Selain dapat mengganggu kesehatan, adanya karang gigi juga membuat kita kurang percaya diri saat tersenyum


Meskipun beberapa langkah pencegahan karang gigi sudah dilakukan, terkadang masih ada saja plak yang muncul dikarenakan struktur gigi yang kurang rapi atau sulitnya menjangkau sela-sela gigi terdalam.

Kalau sudah begitu, tentu penanganan khusus perlu dilakukan salah satunya dengan berkonsultasi ke dokter spesialis gigi. Namun ada beberapa tips / cara yang yang dapat kalian lakukan di rumah untuk membersihkan karang gigi

Sebelum itu mari kita pahami betul beberapa penyebab kenapa karang gigi bisa muncul pada dinding gigi maupun garis gusi.

Hal tersebut cukup penting dalam rangka tetap mempertahankan kondisi gigi saat karang gigi sudah menghilang nantinya.

Penyebab Karang Gigi


  1. Malas menggosok gigi 2 kali sehari. Usahakan durasi minimal 2 menit
  2. Jarang membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi atau flossing
  3. Suka mengonsumsi makanan / minuman manis berlebih
  4. Merokok
  5. Jarang berkonsultasi ke dokter spesialis gigi

Cara Menghilangkan Karang Gigi


Buat kamu yang terkendala biaya atau malas harus bolak-balik ke dokter, kamu bisa mencoba menggunakan alat / bahan-bahan alami dibawah ini, yang tentunya sangat mudah didapatkan bahkan diantaranya sering kita temui di dapur.

1. Menggunakan Teknik Flossing / benang gigi

Meskipun sangat sederhana namun masih banyak sekali orang yang malas melakukannya bahkan tidak tahu bahwa teknik flossing terbukti sangat ampuh merontokkan karang gigi secara cepat dan efektif pada sela-sela gigi.

Teknik pembersihan menggunakan benang ini bisa kalian lakukan sendiri di rumah dengan intensitas yang bisa disesuaikan dengan kondisi plak / karang namun idealnya bisa kalian lakukan seminggu sekali setelah menggosok gigi.

Namun perlu diingat bahwa ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati, terlebih jika lokasi karang dekat dengan gusi, dibutuhkan konsentrasi dan ketepatan untuk melakukan teknik ini agar ketika benang digesekkan tidak terkena atau melukai gusi.


2. Pasta Gigi Dengan Kandungan fluoride

Zat flouride pada pasta gigi berfungsi untuk memperkuat enamel gigi dan mengurangi resiko pembusukan makanan dan minuman.

Ingat bahwa karang gigi itu berawal dari penumpukan sisa - sisa makanan yang menumpuk pada dinding gigi dalam jangka waktu yang lama.

Bahkan fluoride dipercaya cukup ampuh dalam membantu gigi yang rusak untuk cepat sembuh dan beregenerasi. Namun juga harus didukung dengan pola makan yang bagus seperti makan makanan sehat dan hindari makanan yang manis - manis.

3. Baking Soda

Meskipun penggunaan baking soda untuk membersihkan gigi cukup beresiko tapi jika dilakukan dengan benar dan porsi yang tepat maka itu tidak akan merusak enamel gigi.

Yang perlu kalian lakukan "hanya" ambil satu sendok soda kue dan ditambah sedikit garam.

Kemudian basahi kepala sikat gigi dan celupkan pada campuran soda kue dan sedikit garam tadi. Lalu lakukan gerakan menggosok gigi dengan pelan dan sabar. Terakhir bersihkan / berkumur sampai bersih.

4. Sikat gigi listrik

Terdapat banyak sekali perdebatan manakah yang lebih bagus antara sikat gigi biasa dengan sikat gigi listrik ? Tapi itu sebenarnya lebih kepada kenyamanan setiap orang.

Namun penelitian menunjukkan bahwa sikat gigi listrik ternyata lebih efektif dan efisien dalam membersihkan sisa makanan sampai pada karang gigi sekalipun.

5. Berkumur Dengan Obat Kumur Secara Rutin

Ada banyak sekali produk obat kumur permbersih gigi berbasis hidrogen peroksida yang dijual di pasaran. Salah satu yang cukup terkenal adalah listerine.

Dari testimoni beberapa teman penulis, obat kumur ini cukup ampuh dalam membuat karang gigi terkelupas dengan sendirinya apabila digunakan secara rutin dengan dosis yang disarankan.

6. Kulit Jeruk

Jika kalian ingin mencoba cara yang lebih sederhana, tentu menggosok gigi dengan kulit jeruk dapat menjadi alternatif. Kalian bisa menggunakan secara langsung dengan menggosokkan kulit jeruk pada permukaan gigi yang terdapat plak.

Atau bisa juga dengan cara menumbuk sampai halus kulit jeruk lalu mengoleskannya pada karang gigi lalu diamkan beberapa saat.

Kulit jeruk dipercaya dapat membantu melawan mikroorganisme yang berperan penting dalam pembentukan karang gigi

7. Biji Wijen

Biji Wijen terbukti aman menghilangkan karang gigi. Caranya cukup kunyah beberapa biji wijen namun jangan sampai ditelan.

Setelah itu ambil sikat gigi kering dan gunakan untuk menggosok karang gigi bersama dengan biji wijen yang sudah di mulat tadi.

Gosok secara perlahan dan teratur, dalam hal ini biji wijen bertindah sebagai Scrub untuk menghancurkan permukaan karang gigi.

Terakhir apabila kesemua cara diatas belum memberikan hasil yang maksimal, tentu mau tidak mau kalian harus meluangkan waktu untuk berkonsultasi ke dokter spesialis gigi.

Bisa jadi karang gigi memang sudah mengeras dan sulit untuk diatasi menggunakan cara alami.

Baca jugaCara Mencegah Karang Gigi Agar Tidak Menumpuk Pada Gigi

Demikianlah artikel seputar Cara Menghilangkan Karang Gigi Sendiri Di Rumah. Semoga apa yang kami sajikan diatas dapat sedikit menambah wawasan dan apabila dirasa bermanfaat jangan lupa untuk berbagi. Akhir kata, Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel