Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tidak Ada Iklan, Dari Mana Sumber Pendapatan Wikipedia?

Kalian tahu situs Wikipedia ? pastinya tahu dong. Sebuah situs yang banyak dijadikan sebagai tempat rujukan bagi pengguna internet di seluruh dunia. Jika kalian mengetikkan kata kunci tertentu pada pencarian Google sering kali atau bahkan seringnya Wikipedia selalu muncul pada halaman pertama.

Artinya memang informasi dari wikipedia sendiri sangat disukai oleh Google khususnya para pengguna Google, sehingga mesin pencari merekomendasikan Wikipedia.

Bukan tanpa alasan memang, Wikipedia dibangun oleh Wikipedia Foundation sebagai situs ensiklopedia terlengkap dan terbesar mencangkup semua bahasa di dunia.

Uniknya lagi konten - konten di situs Wikipedia dibuat dan diedit langsung oleh kontributor mereka secara sukarela. Sehingga bisa dibilang informasi yang tercantum memang benar - benar berangkat dari rasa ingin berbagi dari penggunanya. Istilah politisnya sih "dari" dan "untuk" pengguna. hehe

Wikipedia

Berangkat dari seringnya mengunjungi situs Wikipedia untuk mengerjakan beberapa tugas kampus, saya baru sadar jika selama ini Wikipedia memang tidak memasang slot iklan sama sekali. Bahkan untuk jenis iklan soft selling sekalipun seperti Content Placement atau Promoted Content.

Dari situ muncul pertanyaan, kira - kira dari mana sumber pendapatan Wikipedia ? Bukankah mereka butuh uang untuk sewa server berkinerja tinggi. Berangkat dari situ, saya pun berusaha mendapatkan jawabannya.

Sumber Pendapatan Wikipedia

Dengan menggunakan teknik goyang jari jemari saya pun mengetikkan "How Does Wikipedia Earn Money" . Dan akhirnya saya mendapatkan jawaban di situs Quora.

Jawaban tersebut berasal dari John Broughton, Author di Wikipedia. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia poin ringkasnya kira - kira seperti ini

Cara wikipedia mendapatkan uang

Alasan kenapa wikipedia tidak pernah memasang iklan atau jarang meminta uang dari penggunanya adalah karena Wikipedia mempunyai cara tersendiri untuk membiayai operasionalnya. Yaitu melalui penggalangan dana / donasi tahunan dari pembaca yang biasanya dilakukan di antara bulan november sampai desember.

Selain itu mereka khawatir jika harus menjejali situs Wikipedia dengan tumpukan iklan justru malah akan mengganggu pengguna atau jika mereka harus mendapatkan hibah / sponsor ditakutkan mereka akan mendapatkan batasan - batasan dari sponsor. 

Selain dari situs Quora, saya juga mendapatkan pencerahan dari situs Vator.tv yang mana poinnya seperti ini.

Selama tahun fiskal 2014-2015, lebih dari 4 juta donatur memberikan $ 75 juta USD untuk mendukung Wikipedia melalui Wikimedia Foundation.

"Orang-orang memberikan kontribusi sepanjang tahun yang berasal dari negara-negara di seluruh dunia. Kami menerima kontribusi dari semua ukuran, tetapi setiap donasi bermakna. Sumbangan rata-rata hanya $ 15. Pembaca Wikipedia akan melihat spanduk di situs yang meminta sumbangan kecil. Kami berusaha keras untuk memastikan kampanye penggalangan dana sesingkat mungkin, dan bahwa orang yang telah berkontribusi tidak dimintai lagi, " ujar Samantha Lien, juru bicara Wikipedia Foundation.

Demikianlah artikel seputar Tidak Ada Iklan, Dari Mana Sumber Pendapatan Wikipedia?. Semoga apa yang kami sajikan diatas dapat sedikit menambah wawasan dan apabila dirasa bermanfaat jangan lupa untuk berbagi. Akhir kata,terima kasih.