Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Perbedaan Antara Semut Merah Dan Semut Hitam

Ada lebih dari 12.000 spesies semut dan diperkirakan akan selalu bertambah karena semakin banyaknya spesies - spesies baru yang yang ditemukan. Sebagian besar spesies tersebut hidup di negara - negara beriklim tropis seperti Indonesia.

Nah berbicara tentang semut, tentu kita akan lebih sering menjumpai semut merah dan semut hitam khususmya di rumah. Padahal jika ditelisik lebih dalam ada lebih dari dua macam warna semut di dunia ini artinya tidak melulu harus berwarna merah dan hitam.

Ada beberapa spesies semut yang berwarna hijau dan ada juga yang berwarna logam tapi memang sebagian besar dari mereka indentik dengan warna merah dan hitam. Sebelum lebih jauh membahas perbedaan antara semut merah dan semut hitam, alangkah baiknya jika kita mengenal lebih dekat tentang semut.

Semut adalah jenis serangga anggota suku Formicidae, bangsa Hymenoptera. Sebagian besar dari semut terkenal sebagai serangga sosial dimana mereka akan membangun sebuah koloni yang beranggotakan ribuan semut per koloni dalam satu sarang.

Perbedaan Semut Merah Dan Semut Hitam
Semut Merah VS Semut Hitam
Dalam sebuah koloni yang besar tersebut biasanya mereka dibagi menjadi beberapa anggota seperti semut pekerja, semut pejantan dan semut ratu. Kadang ada juga semut yang mengambil peran sebagai semut penjaga.

Koloni semut kadang juga disebut "Superorganisme" karena koloni - koloni tersebut membentuk sebuah kesatuan yang menguasai daerah yang cukup luas demi menyokong kehidupan mereka.

Kembali ke topik yang akan kita bahas. Apa sih perbedaan antara semut merah dan semut hitam ?. Apakah hanya dari segi warnanya saja ?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita kulik lebih dalam perbedaan antara keduanya.


Beda Semut Merah Dan Semut Hitam


Semut merah atau sering juga disebut semut api memiliki perilaku unik yang membendakan mereka dengan semut hitam. Semut merah cenderung lebih agresif dibanding dengan semut hitam.

Dimana semut merah akan menggit mangsanya atau sesuatu yang mengancamnya dengan mulutnya, kemudian mereka akan menyuntukkan racun. 

Racun tersebutlah yang selama ini sering kita rasakan seperti sensasi terbakar dan diikuti dengan pembekakan pada area kulit yang digigit. Terkadang juga menimbulkan rasa yang teramat sangat gatal.

Sebaliknya semut hitam cenderung pribadi yang lebih "Santuy" karena mereka tidak agresif bahkan tidak mengigit. Kalaupun sampai menggigit itu karena mereka merasa terkejut.

Selain dari segi perilaku perbedaan keduanya juga terletak pada habitat tempat mereka tinggal. Semut merah sering kali membangun koloni di tanah dengan gundukan besar sebagai tandanya.

Ya meskipun ada juga beberapa jenis semut merah yang juga tinggal di pepohonan dan rumah. Sedangkan semut hitam sendiri sering kali bersarang di pohon, kayu dan rumah.

Baca juga55 Fakta Menarik Tentang Semut Yang Kalian Perlu Tahu

Demikianlah artikel seputar Kenali Perbedaan Antara Semut Merah Dan Semut Hitam. Semoga apa yang kami sajikan diatas dapat sedikit menambah wawasan. Akhir kata jangan lupa untuk sharing jika dirasa bermanfaat. Terima kasih.