Jerawat Bayi: Pengertian, Penyebab Dan Cara Mengatasi

Apa itu Jerawat Bayi ?


Jerawat bayi adalah kondisi dimana wajah bayi terdapat bercak kemerahan layaknya jerawat namun itu sebenarnya bukanlah hal yang berbahaya.

Jerawat bayi biasanya muncul saat bayi baru dilahirkan hingga saat mereka berusia sekitar 7 bulanan. Dikatakan bahwa bayi laki-laki lebih rentan terkena jerawat bayi dibandingkan dengan bayi perempuan.

Namun para ibu sebenarnya tidaklah perlu khawatir yang berlebihan, karena seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa jerawat bayi tidak berbahaya dan akan menghilang dalam beberapa minggu.

Jika itu tidak hilang dalam tiga bulan, anda mungkin harus berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk mendapatkan resep obat yang tepat dan aman untuk kulit bayi Anda.


Penyebab Jerawat Bayi ?


Jerawat bayi biasanya muncul di sekitar area pipi, dahi, dagu, dan terkadang pada punggung juga. Sampai saat ini penyebab jerawat bayi masih belum jelas.

Tetapi berdasarkan penelitian, kemungkinan besar itu disebabkan oleh hormon yang diberikan ibu kepada si bayi saat masih di kandungan.

Selain itu jerawat bayi sering kali dikaitkan dengan fakta bahwa jika ibu sedang mengonsumsi obat tertentu saat menyusui, bisa jadi itulah yang memicu timbulnya jerawat pada bayi.

Ya, faktanya bayi juga bisa bereaksi terhadap beberapa produk perawatan kulit terutama yang berminyak dan cenderung dapat menyumbat pori-pori.

Apa Itu Jerawat Bayi Dan Cara Mengatasinya
Img via webmd.com
Ketika bayi anda sedang terkena jerawat bayi ada beberapa hal yang perlu para ibu perhatikan agar kondisi tersebut masih tetap terkendali dan tidak bertambah parah nantinya. Beberapa hal tersebut seperti :

  1. Jangan menggunakan obat jerawat yang dijual bebas di pasaran.
  2. Jangan mencuci / membasuh kulit wajah bayi terlalu sering. Ingat bahwa jerawat bayi tidak disebabkan oleh kotoran. Justru itu malah akan menyebabkan kulit bayi mengalami iritasi dan bertambah parah.
  3. Jangan menggunakan lotion dengan kandungan minyak berlebih. Ada kemungkinan lotion tersebut berdampak pada jerawat yang semakin parah.


Cara Mengatasi Jerawat Bayi


Pertama, Jika Anda berpikir jerawat bayi disebabkan oleh penggunaan merk sabun tertentu, hentikan penggunaan sabun segera. Bersihkan kulit bayi anda cukup dengan mencelupkan kapas ke dalam air hangat.

Lalu usap pada area jerawat bayi anda dengan lembut dan hati-hati. Seiring  berjalannya waktu jerawat akan hilang.

Kedua, Gunakan pelembab hanya pada kulit tubuh bayi. Apabila saat ini anda menggunakan lotion dan krim, maka segera hentikan sementara. Itu cenderung akan menyumbat kulit bayi bahkan memperparah jerawat.

Kapan pun bayi anda mengeluarkan air liur, segeralah usap air liur menggunakan tisu. Kelembaban di sekitar area mulut bayi untuk waktu yang lama cenderung meningkatkan potensi jerawat dagu.

Ketiga, Untuk menghindari goresan yang mungkin tidak disengaja, sangat disarankan menggunakan sarung tangan yang steril dan lembut.

Itu dimungkinkan agar ketika kita mengusap area jerawat bayi menggunakan kapas hangat, jari kita tidak langsung bersentuhan dengan kulit. Sehingga dapat meminimalisir goresan yang mungkin dapat memperparah jerawat.

Keempat, Jika anda berpikir bahwa jerawat tersebut disebabkan oleh ASI, mungkin karena saat ini anda sedang melakukan perawatan dengan obat tertentu, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Dokter mungkin akan menyarankan anda mengubah pola konsumsi obat / perawatan / diet bila diperlukan. Ya, tentu semua itu demi kesembuhan si bayi.  

Terakhir, apabila jerawat bayi menjadi lebih parah dan menyebar dengan cepat, anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.

Sebagai seorang ibu tentu melihat hal tersebut membuat kita semakin khawatir, meskipun pada banyak kasus jerawat bayi akan hilang dalam waktu beberapa minggu saja.

Demikianlah pembahasan seputar Jerawat Bayi: Pengertian, Penyebab Dan Cara Mengatasi. Semoga apa yang kami sajikan diatas dapat sedikit menambah wawasan dan apabila dirasa bermanfaat jangan lupa untuk share artikel ini. Akhir kata, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel