Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting Virtual Memory pada Windows 10 yang Benar

Jika berbicara soal memory tentu pikiran kita akan tertuju pada dua perangkat keras komputer yaitu Harddisk dan Ram. Mungkin masih banyak dari kita seringkali mengira keduanya sama dan itu memang tidak sepenuhnya salah karena secara fungsi keduanya mempunyai kemiripan yaitu menyimpan informasi / data. 

Bedanya jika harddsik mempu menyimpan data (file , foto dan video) dalam waktu yang lama lain halnya dengan Ram yang hanya bisa menyimpan informasi sementara. Informasi yang disimpan pada Ram sebagian besar berasal dari aplikasi yang sedang kita jalankan saat ini. 

Berbicara penggunaan Ram tentu kita harus menyesuaikan kapasitas Ram yang dipakai dengan jenis atau jumlah aplikasi yang dijalankan secara real time. Maksudnya jika kapasitas Ram pada komputer kalian sebesar 4 Gb sedangkan konsumsi aplikasi lebih dari itu menurut kalian apa yang akan terjadi.

Tentu saja aplikasi akan memunculkan pesan " Not responding " bahkan dampak buruknya bisa sampai merusak chip pada Ram karena ia dipaksa bekerja secara berlebih atau overheating.

Meskipun begitu sebenarnya ada sebuah trik dimana kalian bisa membuat sebuah Virtual Memory yang alokasi spacenya bisa diambil dari harddisk kalian. Cara kerjanya pun cukup sederhana dimana kelebihan penggunaan Ram untuk sementara akan dialihkan ke Virtual Memory.

Setting Virtual Memory Pada Window 10

Masuk ke menu " Advanced System Setting ". Ada 3 cara untuk melakukannya :

Pertama : Menggunakan command prompt. Tekan Windows + R untuk memunculkan window command prompt lalu ketikkan sysdm.cpl setelah itu Enter / OK.

Buka Advencend System Setting Menggunakan CMD

Kedua : Klik kanan " Komputer " lalu pilih properties.

Buka Advencend System Setting Via Computer properties

Ketiga : Tekan Windows + X, lalu pilih system.

Akses Advencend System Setting Via Shortcut

Pilih metode yang paling mudah dan nyaman. Dan jika berhasil maka akan muncul menu seperti pada gambar dibawah ini.

Pilih Advanced System Setting

Pilih Advanced - Setting

Setting Virtual Memory Windows 10

Pilih Advanced - Change. Lalu hilangkan tanda centang pada "Automatically manage paging file size for all drives". Selanjutnya pilih lokasi drive atau partisi yang akan digunakan untuk membuat Virtual Memory.  Jangan lupa untuk memilih "Custom Size".

Alokasikan Kapasitas Simpan Virtual Memory

Masukkan nilai yang diinginkan pada "Initial Size" dan "Maximum Size", Sesuaikan nilai input dengan kebutuhan atau kapasitas harddisk. Pada gambar diatas saya menset Initial Size sebesar 4000 MB (4 GB) dan Maximum Size sebesar 8000 MB ( 8 GB). 

Jika sudah tekan tombol "Set"  lalu OK. Lalukan restart komputer untuk memastikan pengaturan berhasil diterapkan.

Akhir Kata

Perlu diingat bahwa Virtual Memory secara fungsi tidak bisa sepenuhnya menggantikan Ram fisik. Jadi jika saat ini kalian mempunyai budget lebih atau membutuhkan kinerja PC yang mumpuni alangkah baiknya jika membeli Ram fisiknya.

Demikianlah tutorial bagaimana cara setting Virtual Memory pada Windows 10 yang benar. Semoga bisa menambah sedikit wawasan kita dan apabila dirasa bermanfaat jangan lupa untuk berbagi. Terima kasih.