Mengenal Google Fuchsia, Sistem Operasi Baru Besutan Google

Google Fuchsia, Sistem Operasi Baru Besutan Google
Google Fuchsia
Google kembali hadir dengan inovasi teknologi terkininya. Yaps, Google Fuchsia adalah salah satu inovasi terbaru mereka dibidang sistem operasi. Seolah tidak puas hanya mengandalkan Android, Google sudah jauh berpikir kedepan demi menjaga hegemoni mereka sebagai salah satu perusahaan teknologi paling bernilai di dunia.  Jadi seandainya Android sudah tak menarik lagi setidaknya Google sudah punya penggantinya.

Fuchsia pertama kali diketahui oleh publik ketika proyek tersebut muncul di laman Github pada bulan agustus 2016. Padahal sebelumnya tidak ada pengumuman secara resmi seperti pada kebanyakan inovasi mereka yang selalu diekspos pada perhelatan Google I/O setiap tahunnya. Apakah Fuchsia hanya sekedar proyek iseng atau inilah cara mereka menggebrak jagat teknologi alih - alih mengumumkannya kepada publik ?

Namun asumsi Fuchsia hanyalah proyek iseng terbantahkan. Pada mei 2017, Ars Technica mencatat Fuchsia telah mengalami pembaruan pada antarmuka yang ditulis menggunakan Flutter. Buat kalian yang belum tahu, Flutter adalah sebuah framework aplikasi mobile untuk pengembangan aplikasi android dan iOS serta metode utama untuk pembuatan aplikasi Google Fuchsia nantinya.

Engine dari Flutter sendiri ditulis menggunakan bahasa pemrograman C++ sehingga dapat merender grafis 120 frame per detik dengan dukungan Skia Graphics Engine dari Google. Bukti keseriusan Google lainnya ditunjukkan pada perhelatan Google I/O 2019 bulan mei kemarin yang mana Fuchsia menjadi salah satu topik pembicaraan.

Dibandingkan sistem operasi Google lainnya seperti Chrome OS dan Android yang menggunakan kernel linux, Fuchsia hadir dengan sebuah perbedaan dimana ini berbasis pada mikrokernel terbaru yang disebut "Zircon". Zircon berasal dari "Little Kernel" , sistem operasi kecil yang ditujukan untuk sistem benam (Embedded System) yang diciptakan oleh Travis Geiselbrecht. 

Nah buat kalian yang tertarik mengikuti perkembangan dari sistem operasi baru ini kalian bisa mengunjungi fuchsia.dev. Siapa tahu kalian bisa ikut berkontribusi pada pengembangan sistem operasi yang digadang - gadang sebagai "The Next Android" di masa depan. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel