7 Bahasa Pemrograman Paling Populer Yang Wajib Dipelajari

Bahasa Pemrograman Paling Populer
Img Via Pixabay
Keahlian sebagai seorang programer kini makin banyak diminati terlebih lagi makin banyaknya startup bermunculan di indonesia. Di tangan seorang programer sistem dari sebuah layanan startup dibangun, So bisa dibilang pekerjaan ini adalah inti dari sebuah perusahaan yang utamanya bergerak dibidang teknologi informasi.

Gaji yang ditawarkan pun sangat beragam tergantung pengalaman maupun di mana ia bekerja. Semakin berpengalaman apalagi bekerja di perusahaan besar tentu gaji yang didapatkan juga samakin besar. Berbicara seorang programer tentu erat kaitannya dengan bahasa pemrograman. Dan kita semua tahu bahwa saat ini terdapat banyak sekali bahasa yang tersedia. Menguasai satu dua bahkan lebih bahasa pemrograman tentu akan menaikkan nilai tawar kamu.

Nah disini kita tidak akan membahas bahasa mana yang paling baik maupun powerful tetapi bahasa mana yang paling populer di kalangan para programer dilihat dari jumlah insinyur yang bekerja di perusahaan besar seperti Google, Amazon maupun Yahoo!. Dilansir dari The TIOBE Programming Community index.

Berikut 7 Bahasa Pemrograman Paling Populer


1. JAVA

Bahasa yang mempunyai jargon " Write once, run anywhere" ini sangat populer dikalangan para programer aplikasi smartphone khususnya android. Seperti yang kita tahu bahwa java merupakan bahasa utama dari sistem operasi berlogo robot hijau.So buat kamu yang ingin membuat aplikasi android, java adalah fokus utamamu meskipun kamu juga bisa menggunakan bahasa C++ dengan bantuan NDK (Native Development Kit).

2. C

Bisa dibilang C adalah salah satu bahasa tertua yang mengilhami munculnya bahasa pemrograman tingkat tinggi khususnya C++. Pertama kali dikembangkan oleh denis ritchie yang awalnya banyak digunakan untuk membuat sistem operasi maupun jaringan komputer.

3. Python

Inilah bahasa yang lagi naik daun dikalangan para programer khususnya bagi mereka yang baru pertama kali terjun di dunia programming. Sintaksnya simple namun elegan terlebih lagi ia juga tak kalah powerful dibandingkan bahasa lain.Kabarnya Youtube menggunakan python untuk mengatasi sistem back end mereka.

4. C++

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa terciptanya C++ terilhami dari pendahulunya. Kelebihan dari C++ adalah bersifat oriented object sedangkan C masih manganut paradigma procedural. Banyak sekali game dan enginenya ditulis dengan bahasa ini. So buat kamu yang tertarik dalam dunia pengembangan game C++ bisa kamu pelajari.

5. C#

C# tergolong baru dibandingkan bahasa pemrograman lain. Diciptakan oleh Microsoft untuk menyederhanakan beberapa aspek dari bahasa lain seperti C++, Java dengan peningkatan performa. C# berjalan pada kerangka .NET yang bisa digunakan untuk pengembangan aplikasi multi platform.

6. Visual Basic. NET

Sama seperti C#, Visual basic.NET berjalan pada sistem .NET Framework yang bisa kamu gunakan untuk membuat aplikasi berbasis sistem operasi windows seperti Desktop App, Web server maupun command line.

7. Javascript

Nah kalo yang ini tentu menjadi bahasa andalan bagi mereka yang berprofesi sebagai programer front-end. Untuk membuat tampilan website yang atraktif tentu dibutuhkan kekuatan dari Javascript, mengingat kebanyakan framework maupun engine untuk penciptaan antarmuka website maupun aplikasi ditenagai oleh Javascript seperti Jquery, React dan masih banyak lagi.

Note:

Setiap bulannya Tiobe Index selalu memperbarui daftar bahasa pemrograman paling populer versi mereka. Jadi daftar diatas dapat berubah - ubah sesuai dengan indikator popularitas yang sudah ditetapkan oleh pihak Tiobe.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel