5 Digital Audio Workstation (DAW) Untuk Membuat Musik Sendiri

Berkat perkembangan teknologi yang semakin maju, kini untuk membuat sebuah karya musik / lagu profesional tidak harus menguasai beberapa instrumen musik seperti piano, guitar, drum dll. Cukup dengan bantuan software pembuat musik digital atau istilah kerennya DAW (Digital Audio Workstation) kamu sudah bisa menelurkan karyamu meskipun pengetahuan tentang musik masih kurang.

Minimal kamu tahu chord, tangga nada, tempo plus sedikit kreatifitas sudah cukup membuatmu selangkah lebih maju untuk mewujudkan cita-citamu menjadi musisi atau DJ terkenal. Berbicara masalah software pembuat musik atau DAW ada banyak sekali pilihan tersedia mulai dari yang gratisan, free trial maupun yang berbayar. Nah disini kita akan membahas 5 software Digital Audio Workstation (DAW) yang banyak juga digunakan oleh para musisi / DJ terkenal luar negeri.

1. FL Studio Pro

Membuat Musik Dengan FL Studio Pro

DAW yang lebih dikenal dengan sebutan Fruity Loops ini sudah banyak digunakan oleh pemula maupun profesional untuk membuat musik genre EDM, Hip Hop dan juga DJ. Mempunyai fitur-fitur keren seperti Spreadsheet Playlist, Piano Roll yang fleksibel dan dukungan update seumur hidup(gratis).

2. Ableton Live

Membuat Musik Dengan Ableton Live

Dirancang sebagai salah satu instrumen pertunjukan yang mumpuni untuk mendukung performa live yang mulus dan menakjubkan. Seiring perkembangannya Ableton live juga sudah berkembang sebagai salah satu paket software rekaman dengan tampilan visual yang pas dalam satu layar laptop.

3. Logic Pro

Membuat Musik Dengan Logic Pro

Buat kamu para pengguna produk Apple tentu sudah tidak asing dengan namanya Logic Pro. Satu-satunya DAW yang tidak kompatibel dengan Windows karena memang ia eksklusif untuk Mac OS (Mac Only).

4. Presonus Studio One

Membuat Musik Dengan Presonus Studio One

Presonus awalnya dikenal sebagai salah satu pemain hardware audio berkualitas dengan harga yang terjangkau. Namun pada tahun 2009 mereka memutuskan untuk menelurkan sendiri DAW buatan mereka yang diberi nama Studio One.

5. Steinberg Cubase Pro

Membuat Musik Dengan Steinberg Cubase Pro

Pemain lama di industri musik ini dulunya hanya memproduksi cubase midi. Namun seiring perkembangan teknologi mereka mulai mengembangkan beberapa inovasi salah satunya adalah pengenalan plugin VST dan instrumen VST.

Nah itulah tadi 5 Digital Audio Workstation (DAW)  Untuk Membuat Musik Sendiri. Kelimanya juga sering digunakan oleh produser musik dunia untuk membuat musik yang keren lho. Selain itu juga cocok buat kalian pemula yang ingin belajar bagaimana membuat musik / lagu sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel