Cara Mengetahui Teknologi Website Yang Dipakai Orang Lain

Ada banyak sekali teknologi yang biasa dipakai untuk membangun sebuah website agar terlihat keren dan dapat melayani skalabilitas yang tinggi. Berbicara soal teknologi website tentu tidak akan lepas dari yang namanya bahasa pemrograman, framework, library dan juga infrastruktur pendukung. Secara umum kesemua aspek tersebut dibagi menjadi dua kategori yaitu Back-End (server) dan Front-End (client).

Back-End adalah bagian belakang (inti) dari sebuah website yang dibangun diatas sistem manajemen konten / CMS menggunakan bahasa pemrograman seperti PHP, Java, Python, Ruby dan masih banyak lagi. Karena ini juga berhubungan dengan sistem. database juga aspek yang sangat vital dan tidak dapat dipisahkan dari bahasa pemrograman diatas.

Selanjutnya Front-End. Adalah tampilan / layout yang dapat dilihat langsung oleh user. Ketika kita sedang membuka website menggunakan browser maka apa yang kita lihat itu sebenarnya adalah bagian Front-End dari website mulai dari tulisan, gambar, warna serta berbagai efek animasi. Untuk membangun sebuah tampilan bagian depan kita perlu menguasai HTML, Css dan Javascript.

Selain dua diatas, sebenarnya masih ada infrastruktur pendukung seperti jaringan maupun sistem operasi. Namun disini kita tidak akan lebih jauh lagi membahasnya, karena dengan memahami konsep Back-end dan Front-end sudah cukup menjadi pengantar untuk mengetahui cara kerja website beserta teknologi apa saja yang ada didalamnya.

Nah sesuai dengan judul diatas, disini kita akan mencoba untuk mengidentifikasi teknologi apa saja yang digunakan sebuah website populer sehingga mungkin bisa sedikit menambah referensi dan mengobati rasa penasaran. Ada 2 (dua) cara dan 1 (satu) trik  yang biasa saya gunakan

Pakai Add-ons Browser Wappalyzer


Ada berbagai macam add-ons pada browser, salah satunya adalah Wappalyzer. Buat kalian yang belum tahu ini merupakan add-ons yang cukup handal untuk menganalisa "Techology Stack" pada website yang dimaksud. Cara penggunaannya pun terbilang mudah, kalian hanya perlu meng-instalnya pada browser Google Chrome maupun Mozilla Firefox.

Untuk Google Chrome download disini
Untuk Mozilla Firefox download disini

Atau cukup ketikkan "Wappalyzer" pada menu pencarian Google, biasanya link ada pada indeks paling atas.

Sebagai contoh disini saya menggunakan browser Chrome.

Cara download add-ons wappalyzer
Tekan "tambahkan" lalu pilih add extension, tunggu proses unduh dan install selesai. Jika berhasil icon Wappalyzer akan muncul pada toolbar Chrome seperti pada gambar dibawah ini. 
Hasil analisa add-ons wappalyzer
Hasil analisa pada situs Detik.Com
Jika dicermati Wappalyzer cukup detail menampilkan beberapa framework javascript pada website detik.com. Selain itu ada beberapa widget tambahan, aplikasi analytics serta advertising network yang digunakan pada situs tersebut. 

Menggunakan Aplikasi / Website Builtwith.COM


Builtwith sangat direkomendasikan bagi mereka yang memang sangat penasaran dengan teknologi website dan juga informasi SEO terkini. Penggunaannya pun tanpa perlu melakukan registrasi terlebih dahulu dan yang pasti gratis untuk semua. Ya meskipun ada opsi berlangganan dengan menawarkan fitur yang lebih oke tapi versi gratis pun sudah cukup mumpuni. 

Nah untuk mencobanya kalian hanya perlu mengakses websitenya disini

Analisa teknologi website menggunakan builtwith

Ketikkan alamat website yang kita incar lalu tekan "Lookup". Secara otomatis builtwith akan meng-crawl serta menampilkan daftar teknologi website yang dipakai. Mulai dari framework, bahasa pemrograman, library bahkan sampai pada sistem operasi yang digunakan. Perlu diingat bahwa kedua cara diatas mungkin tidak 100% akurat namun tetap bisa dijadikan referensi. 

Memanfaatkan Pencarian Google Atau Quora.com


Terakhir adalah trik simpel yang biasa saya gunakan untuk memperkuat analisa kedua cara diatas. Cukup menggunakan bantuan pencarian google. Bagaimana caranya ?

Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu mengetikkan keyword "Tech Stack" diikuti dengan website yang diincar. Misal : tech stack google atau technology stack google. Maka akan banyak sekali artikel atau grup diskusi yang membahas perihal teknologi yang digunakan oleh situs pencarian Google.

Salah satu website komunitas yang bisa dijadikan rujukan adalah Quora.com . Buat yang belum tahu, Quora adalah website yang diciptakan sebagai wadah tanya jawab tentang topik tertentu. Dan biasanya memang member dari Quora adalah para profesional dibidangnya atau bisa juga seorang programmer / developer dari perusahaan yang situsnya sedang kita kepo-in.

Itulah beberapa cara yang biasa saya gunakan untuk menganalisa teknologi website yang digunakan oleh orang lain. Semoga sedikit menambah wawasan dan apabila dirasa bermanfaat jangan lupa untuk berbagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel